Kepulauan Seribu, Tempat wisata yang patut dikunjungi

Kuman di seberang lautan tampak, gajah di depan mata tak kelihatan. Mungkin memang demikian yang biasa dilakukan tanpa sadar oleh setiap manusia. Namun, Anda harus menyadari, khususnya warga ibukota, yang bingung hendak menghabiskan liburan atau terbiasa memilih berlibur ke luar negeri. Kepulauan Seribu ada di depan mata Anda Walaupun masih di wilayah DKI Jakarta, lokasi ini sangat berbeda dengan detak jantung kota megapolitan yang berdegup kencang.
Tempat wisata Pulau Pramuka


Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara jakarta, tepat berhadapan dengan Teluk Jakarta. Bukan berarti pulau di dalam gugusan kepulauan itu berjumlah seribu. Hanya ada 342 pulau, termasuk pulau pasir dan terumbu karang yang bervegetasi dan yang tidak. Tidak semua pulau tersebut didiami manusia. Beberapa yang dijadikan sebagai pulau wisata,antara lain Pulau Bidadari,Pulau Onrust,Pulau Kotok Besar,Pulau Puteri,Pulau Matahari dan Pulau Sepa. Sementara itu, pulau yang berpenghuni, yaitu Pulau Untung Jawa,Pulau Pari,Pulau Lancang,Pulau Tidung Besar,Pulau Tidung Kecil,Pulau Pramuka,Pulau Panggang,Pulau Harapan,Pulau Kelapa,dan Pulau Sebira. Jadi 20.000 penduduk di Kepulauan Seribu tersebar di sebelah pulau. Hmm, bagaimana jika berkunjung ke dua pulau yang paling menonjol : Pulau Pramuka dan Pulau Tidung.

Pulau Pramuka

Sejak tahun 2003, pulau ini befungsi sebagai pusat pemerintahan Kepulauan Seribu sebagai kabupaten. Fasilitas sarana dan prasarana umum lengkap. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa khawatir terdampar di pulau antah-berantah bersama keluarga. Penyesuaian yang harus dilakukan adalah pemakaian listrik! Karena listrik menyala hanya pukul 16.00-06.00. Selebihnya, tidak ada listrik. Jadi, ketika orang lain, bahkan (mungkin) negara lain berkampanye Save the Earth, masyarakat di sini sudah melakukan terlebih dahulu.

Luas pulau sekitar 9 hektar. Anda akan  banyak berjalan kaki karena tidak ada kendaraan. Namun, ada ojek motor yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat menampung beberapa penumpang. Cukup membayar Rp. 2.000,00, Anda dapat berkeliling pulau. Anda juga dapat mengunjungi tempat penangkaran penyu, khususnya penyu bersisik. Tidak ada tarif khusus untuk tiket masuk, tetapi sebaiknya sumbangkan Rp. 5.000,00 per orang untuk membantu memberi makan penyu. Budi daya tanaman bakau juga dilakukan, mulai dari bibitnya, lho! Banyak sekolah yang berpartisipasi menyumbangkan tanaman ini.

Yang paling menarik, pulau ini merupakan lima titik area snorkeling yang paling indah. Rute snorkeling dimulai dari Semak Daun hingga ke lokasi tempat beternak karang. Di tempat terakhir-tempat peternakan ikan, Nusa Kambangan, Anda dapat memesan ikan bandeng untuk dibawa pulau sebagai oleh-oleh.Jika Anda pulang di esok siang, penjualnya akan mengantar ke pondok Anda menginap. Asyik , kan ?
pulau pramuka


Setelah puas "mandi" di laut, Anda bisa mampir ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Menjelang Magrib, biasanya para nelayan membawa hasil tangkapannya dan menjualnya di sini dengan harga yang jauh lebih murah! Dengan Rp. 30.000,00, Anda bisa melahap 2 kg ikan segar!

INFO:

1. Tarif kapal dari Muara Angke ke Pulau Pramuka:Rp. 30.000,00 per satu kali jalan (2,5-3 jam).
2. Sewa Pondokan:Rp. 350.000,00-Rp. 400.000,00b per malam
3. Sewa alat snorkeling:Rp. 40.000,00
4. Sewa kapal untuk snorkeling:Rp. 300.000,00
5. Tip untuk tukang perahu:Rp. 75.000,00

TIP:

Pastikan kenyamanan putra-putri Anda saat menyeberang naik kapal. Jika perlu,berikan obat antimabuk perjalanan agar perjalanan selanjutnya tidak terganggu.
Advertisement

No comments:

Post a Comment