Tempat Wisata Kebun Durian Warso

Kebun Durian Warso


Udara sejuk dan suasana asri segera menyergap begitu memasuki kawasan Warso Farm. Tampak replika buah durian dan buah naga raksasa yang menjadi tanda bahwa perkebunan ini didominasi perkebunan buah durian dan buah naga. Tentunya,jika si penggila durian yang datang,tidak sabar rasanya untuk segera ingin menikmati perkebunan durian yang asri, khususnya di sebuah tempat pelopor argowisata durian. Konsep argowisata ini memang bertujuan untuk menjaring wisatawan sehingga menjadi objek wisata yang menyenangkan,terutama bagi keluarga.

Dibangun tujuh tahun lalu oleh seorang pensiunan anggota Korps Palat TNI AD,Soewarso Pawakan di atas tanah seluas 8,5 hektar,bukan sembarang niat yang ingin dilakukan oleh beliau. "Untuk menghabiskan masa tua,menikmati,membaginya kepada orang lain,dan untuk pendidikan yang tak harus didapat secara formal".

Beralamatkan di Desa Cihideung,Kelurahan Cipelang,Kecamatan Cijeruk Bogor,dengan telepon 0251-211343,waktu kunjungan adalah pukul 07.00-17.00. Akses ke tempat ini juga relatif mudah dicapai. Jika keluar pintu tol Ciawi,terus menuju arah Sukabumi.

Sebelas kilometer dari Ciawi,sampai di Pasar Caringin. Belok ke kanan (lihat petunjuk ke Warso Farm di sebelah kiri). Lalui Cijeruk-Caringin Raya,lewati Stasiun (Maseng) Caringin sampai pertigaan berjarak 4 km. Di pertigaan Cipelang-Cijeruk,belok kanan (lihat papan petunjuk). Sekitar 3 km di sebelah kiri jalan, Anda tiba Warso Farm. Namun,jika keluar pintu tol Bogor,lalui jalan Pajajaran arah Tajur. Di pertigaan (bunderan) Eka Lokasari,ambil kanan menuju Lawang Gintung. Di pertigaan Batu Tulis-Drs. Danasasmita, ambil kiri menuju Stasiun Batu Tulis. Lanjutkan Ke Jalan Ence Sumartadireja (Pamoyanan)-Cipicung-Palasari-Cipelang.


Ketika berkeliling kebun,tampak barisan pohon durian ditanam rapi dengan jarak tertentu sehingga enak dilihat. Diantara tanaman tersebut,terhampar rerumputan hijau yang terawat bagai permadani menutup tanah,menambah keasrian kebun secara keseluruhan. Berbagai varietas durian unggul asal lokal dan luar negri ditanam di sini. Terdapat kurang lebih 900 pohon durian dengan tujuh varietas unggulan,antara lain petruk,lay,sunan,tembaga,monthong,dan simas. Simas yang asli Bogor mempunyai daging kuning dan kenyal. Durian varietas luar yang populer adalah monthong. Penampilan durian monthong memang menarik. Walaupun tinggi pohon hanya dua meter,produksi buah yang bergelantungan nyaris menyentuh tanah menjadi daya tarik dan disukai orang. Harga durian ditentukan dengan dua cara,dihitung per kilo (durian monthong) dan per buah (lokal unggul). Terdapat lapak-lapak untuk tempat beristirahat sambil menikmati durian yang baru dipetik.

Hamparan sawah bisa digunakan putra-putri Anda untuk berakhir pekan dengan melihat aktivitas menanam padi,membajak sawah, ataupun gembala memandikan ternaknya, Jika bertepatan dengan datangnya musin panen,putra-putri Anda diperkenankan untuk ikut memanen singkong,cabai dan tanaman lainnya. Seru banget, ya
wisata kebun durian

Wawasan mengenai keragaman buah durian yang bervarietas banyak serta cara perawatannya semakin bertambah. Semua dijelaskan oleh pemandu saat berkeliling perkebunan. Tak perlu takut kejatuhan buah berduri itu saat berjalan di bawah pohon durian yang sudah berbuah besar. Semua sudah diikat dengan aman untuk menghindari pengunjung tertimpa. Namun,waktu untuk berkeliling kebun secara keseluruhan hanya pada Sabtu dan Minggu. Pada hari kerja,waktu bagi para pekerja merawat pohon durian di sana, Jadi,buah apa yang berduri,tetapi enak? Durian,lah! Tebakan garing,ya?
Advertisement

2 comments:

  1. bagus infony
    kunjungi juga ini teman :

    http://jual-mobilgowes.blogspot.com/

    http://peluang-usaha.tokobagus.com/lain-lain/mobil-gowes-becak-gowes-16030468.html

    ReplyDelete
  2. mikum Boos...
    selain hari pekan apakah Tempat Wisata Kebun Durian Warso tetap dibuka?
    apa disediakan jg penginapanya?
    makasih.

    ReplyDelete