Tempat Wisata Gua Monyet Alak

Yuri Gagarin,seorang astronot asal Rusia memang merupakan manusia yang pertama kali menjejakkan kaki di luar bumi. Namun,sebelumnya,saat peluncuran Air Force Aeromedical Laboratory di White Sands,Albert (Juni 1948-Agustus 1950) merupakan primata pertama yang diluncurkan pada 11 Juni 1948,tetapi gagal! Sang monyet bahkan sudah tidak bernyawa sebelum berhasil mencapai ruang angkasa. Walaupun gagal,percobaan kedua dilakukan kembali dengan jenis hewan yang sama pada 14 Juni 1949. Albert II berhasil menjadi monyet pertama di ruang angkasa ketika mencapai ketinggian 83 mil!
Gua Monyet Alak


Di Indonesia Timur,tepatnya di Nusa Tenggara Timur-Kupang,terdapat objek wisata alam konservasi,yang merupakan tempat tinggal para primata berbuntut panjang (Macaca mulatta).Gua Monyet Alak mulai dikelola dengan baik oleh pemuda setempat sejak tahun 1998 dan ditinggali 327 monyet yang terbagi dalam empat kelompok,yang terbanyak berjumlah 180 ekor dan jumlah terkecil 40 ekor. 


Monyet memang hidup secara berkelompok,tidak berbeda jauh dengan manusia.Saling berkejaran,bergelantungan melompat dari dahan ke dahan,saling bercengkerama dan berguling,berkelahi memperebutkan sesuatu,merupakan pemandangan yang unik dan lucu. Di manakah seharusnya mereka tinggal? Di luar bumi atau tetap pada habitatnya? Mungkin memang Taman Wisata Gua Monyet Alak jawabannya. Mereka akan lebih nyaman jika tinggal di sana,diberi perawatan yang layak,tanpa meninggalkan kelompoknya,tanpa jauh dari tempat seharusnya,di dalam hutan!
Advertisement

No comments:

Post a Comment