Blog Archive

Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Jangan pusing jika Anda menginginkan Bali yang tidak itu lagi dan lagi,bahkan ketika Anda butuh suasana pulau ini 15 tahun lalu. Anda dapat mengunjungi tiga pulau lepas yang terletak di Tenggara pulau besar dan utama-Bali. Pulau di seberang pulau itu akan menawarkan wisata bahari,wisata religi,wisata alam dan kisah legenda yang menarik untuk disimak.

Nusa Penida

Pulau terbesar dari tiga pulau itu memiliki luas area 200 km persegi. Ada banyak pantai berpasir putih yang tenang dan terpencil di sepanjang pantai utara dan barat laut Nusa Penida. Menyoroti geografis lainnya,termasuk Gua Kapur,tebing pantai yang spektakuler tingginya dengan puncak lepas pantai di selatan dan timur,dan puncak bukit terjal di tengah tinggi,menghadap ke Samudra Pasifik yang tenang-tenang menghanyutkan.


pantai penida bali


Walaupun terdapat keterbatasan infrastruktur,pulau ini kaya akan keindahan alam. Warga asli beragama Hindu seperti di Bali dan bahasa yang digunakan adalah dialek kuno Bali yang tidak lagi terdengar di tempat lain. Arsitektur dan tari juga berbeda. Ada juga daerah kantong Muslim kecil di utara yang akan mengingatkan pengunjung budaya di bagian lebih pedesaan Lombok.

Manfaatkan waktu Anda menyisir hingga ke ujung pulau. Terdapat Pasir Hug,suatu daerah yang belum tersentuh oleh bahan non-organik. Dari hamparan moor diatas bukit,mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan lautan biru lepas. Jika beruntung,Anda dapat melihat datangnya The Manta Ray,spesies terbesar sejenis ikan pari yang memiliki ukuran tubuh hampir sebesar perahu kecil/jongkong. Mereka tinggal di dasar laut dan hanya timbul ke atas saat hendak mencari ikan kecil untuk santapan. Karena selalu berpasangan,mereka disebut ikan sejoli. Bersama kolmpoknya,mereka seakan menari di laut yang tenang,tetapi dalam.

Nusa Penida juga memiliki beberapa candi Hindu yang menarik. Ketika berkunjung,harap bersikap hormat dan selalu memperhatikan saran lokal. Tak kalah menariknya,juga terdapat cagar alam burung yang terancam punah,yaitu Jalak Bali (Leucopsar rothschildi). Masyarakat setempat sangat melindungi jenis satwa ini. Pada tahun 2006, semua desa dengan suara bulat mengesahkan peraturan daerah tentang pelanggaran atas pencurian atau ancaman kehidupan burung.

Yang sangat istimewa,Nusa Penida dikenal sebagai tujuan wisata terbaik kelas dunia untuk menyelam. Diidentifikasi ada lebih dari 20 lokasi penyelaman. Yang paling terkenal,antara lain Crystal Bay,Manta Point,Toyapakeh,Suana Bay,dan point Malibu. Perairan yang kaya di sekitar tiga pulau didukung oleh hampir 247 spesies karang dan 562 spesies ikan. Fantastis!

Nusa Penida memang masih sebuah pulau liar dan kasar serta sebagian besar wilayahnya menawarkan banyak hal menantang untuk yang berjiwa petualang. Terdapat trek bersepeda gunung yang mengasyikkan dengan pemandangan pantai menakjubkan. Daerah yang jauh dari pantai yang berbukit-bukit naik ke hampir 550 meter dan kembali ke Bali adalah vista menakjubkan.

Nusa Lembongan


Pulau kecil ini berada di lepas pantai Tenggara pulau utama Bali. Area wisata yang cocok bagi Anda untuk sekadar rileks karena merupakan surga yang jauh dari dunia kerumitan dan kecepatan. Anda dapat berseluncur,menyelam dan snorkeling. Air berwarna biru tampak hidup dalam warna,seakan Anda belum menemukan kejernihan seperti ini di tempat lainnya!

tempat wisata pantai nusa penida

Dengan jalur pesisir yang menghubungkan hampir semua rumah tamu,hotel,dan restoran,Nusa Lembongan menjadi tempat yang menyenangkan untuk berjalan. Berjalan berkeliling sekitar pulau akan memakan waktu kurang lebih dua jam. Pulau ini memiliki beberapa jalur pantai yang keren. Anda dapat melihat Pulau Bali dari seberang sana,menikmati tenggelamnya mentari. Yang paling khas adalah jembatan kuning (Jembatan Suspensi) yang menggantung serta menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Anda hanya membutuhkan 35 menit dengan berjalan kaki ataupun dari ujung Pantai Jungut Batu di sepanjang Pantai Bay Jamur. Sementara itu,di daerah barat daya pulau ini memang kurang berkembang. Tak perlu khawatir,pesona pulau ini memiliki daya tarik wisata air yang luar biasa. Oh,jangan lewatkan untuk menyambangi rumah seperti gua,yang rasanya,manusia seukuran smurf saja,yang bisa masuk tanpa menunduk. Seru masuk ke sini!

Untuk berkunjung ke pulau ini,terdapat beberapa pilihan serta sesuai dengan anggaran dan kecepatan. Sebagian besar layanan dijadwalkan berangkat dari Pantai Sanur. Ketepatan keberangkatan tepat dan titik kedatangan di pantai ini bergantung pada air pasang. Layanan lain dapat melalui Pelabuhan Benoa. Terdapat layanan kapal lokal publik untuk dan dari Padang Bai dan Kusamba di Bali Timur,tetapi ini tidak disarankan karena alasan keamanan dan kenyamanan.
. Perahu harian: berangkat pukul 10.30 dengan perjalanan sekitar 90 menit. Silakan Anda ke kantor Sanur dari Perama,di Warung Pojok di Jalan Hangtuah. Harian Perama bus berangkat dari sini ke Ubud,Kuta,bandara,Padang Bai(untuk Lombok),dan Amed. Rp100.000,00 per orang.

. Perahu publik: berangkat setiap hari dari Pantai Sanur pada pukul 08.00 dan 10.30 di depan Hotel Ananda atau dekat Hotel Inna Grand Bali Beach (bergantung pada pasang surut). Waktu tempuh = 90 menit.

. Speed boat publik Pantai Sanur (di depan Hotel Ananda). Berangkat setiap hari dari Pantai Sanur pada pukul 09.00, 12.30 dan 16.00 dan kembali pada pukul 08.00, 10.30 dan 15.00. Untuk Jamur Bay,berangkat pukul 11.30, 14.30 dan 16.30. Dari Lembongan,berangkat pada 09.00, 13.00 dan 15.30. Tempat duduk terbatas.

. Cruises Scoot,(reservations@rockyfastcruise.com). Waktu tempuh 25-35 menit,bergantung pada kondisi laut. Berangkat dari Sanur pada pukul 10.00, 12.00, 14.00 dan 17.30;dari Nusa Lembongan berangkat pukul 09.00, 11.00, 13.00, dan 15.30. Tarif Rp250.000,00. Jika sepaket dengan hotel,tarifnya Rp450.000,00 atau silakan hubungi The Tanis Lembongan Ekspres,(sales@tanisvillas.com).

. Dari Pelabuhan Benoa: Bounty Cruises,Pulau Explorer Cruises,dan Pulau Lembongan Perahu Cepat.

. Dari Nusa Penida: perahu publik berangkat setiap hari dari Toyapakeh dan kadang-kadang Buyuk Harbour,di utara Nusa Penida. Waktu keberangkatan sekitar pukul 06.00 dengan tarif Rp60.000,00 per orang.

Nusa Ceningan

Pulau kecil yang terletak di antara Nusa Lembongan dan Nusa Penida ini mudah dicapai melalui jembatan gantung dengan berjalan kaki atau dengan sepeda/sepeda motor. Sangat sedikit pengunjung yang tinggal di pulau ini. Sebagian besar memilih tinggal di Nusa Lembongan,kemudian bermain ke Nusa Cenningan. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah surfing dan diving.

Tempat Wisata Gili Trawangan,Gili Meno,dan Gili Air

Inilah pesona pariwisata wilayah Nusa Tenggara Barat yang namanya masyhur hingga ke benua biru. Selamat datang di Gili Trawangan! Gili,dalam bahasa setempat berarti pulau kecil. Trawangan diambil dari kata terowongan karena memang terdapat terowongan yang posisinya berada di bawah laut. Baru pada tahun 1970,didatangi orang,tepatnya Suku Bugis-Sulawesi. Karena sebenarnya pada masa lampau,pulau ini digunakan untuk pembuangan para narapidana,yaitu kaum pemberontak,Suku Sasak,yang merupakan suku asli Lombok.

Dengan posisi berada di seberang Pulau Lombok,Gili Trawangan menjadi favorit para pelancong. Siraman matahari yang begitu didamba wisatawan dataran Eropa (terutama) plus nilai lainnya,yaitu suasana tenang,damai,tak berpolusi,dan keramahtamahan penduduk yang tidak usil terhadap urusan orang lain. Benar-benar situasi yang dicari oleh para bule itu.





Merupakan gili terbesar dari tiga gili yang ada di sana,Gili Air dan Gili Menok,tempat wisata ini sekadar menawarkan keindahan alam panorama biru laut berpadu-padan dengan langit membentang dengan awan putih. Satu-satunya gili yang berketinggian di atas permukaan laut,dengan panjang 3 km dan lebar 2km,Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Sebuah kedai kecil di sana,kedai "Tirana Nog" mengklaim Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandianya. Dengan demikian,jenis bar negara lain yang lebih besar sudah tentu ada juga. Yang paling menyenangkan,udara di sana masih bersih karena tidak terdapat kendaraan bermotor,yang tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo,yaitu kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu,penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speed boat.

Berbagai hunian yang siap menampung kedatangan Anda tersedia dipulau ini. Untuk kemewahan ada,kaum backpack juga ada,rentetan pertanyaan yang kerap dilontarkan pengunjung yang ingin berlibur,jalan-jalan,dengan kocek "kelas menengah". Tak perlu khawatir,liburan dapat dilakukan oleh siapa saja, tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan dan keadaan. Rencanakan semua dengan matang. Pilih waktu yang bukan peak season. Tip awal yang cukup pintar,bukan? Where to stay di Gili Trawangan memiliki banyak varian,mulai dari rumah singgah Rp. 150.000,00 per malam hingga vila mewah berharga jutaan. Semua bergantung pada kebutuhan Anda.

Tersedia dua tempat yang menjadi titik keberangkatan kapal untuk menuju Pulau Trawangan,yaitu Pantai Senggigi dan Pelabuhan Bangsal (dua-duanya masuk wilayah Lombok Utara). Dari Kota Mataram,Pantai Sengigi berjarak 11 km,sedangkan Pelabuhan Bangsal berjarak 25 km. Walaupun dapat berangkat dari Pantai Sengigi dengan kapal outrigger (kira-kira memakan waktu 1 jam),perjalanan menuju Gili Trawangan pada umumnya berangkat dari Pelabuhan Bangsal. Bangsal adalah titik keberangkatan utama menuju Gili Trawangan,Gili Meno dan Gili Air.

Ada dua alternatif jalan menuju Pelabuhan Bangsal dari Kota Mataram,yaitu melewati kawasan wisata Pantai Senggigi (jalur selatan) atau melewati kawasan wisata Gunung Pusuk (jalur utara). Jika menempuh jalur selatan,Anda bisa menggunakan taksi melewati bukit dipinggir Pantai Senggigi. Perjalanan ini kira-kira membutuhkan waktu 35 menit. Jika lebih memilih melewati rute Gunung Pusuk (rutenya lebih dekat),Anda dapat menggunakan jasa ojek,bemo,atau taksi. Saat melewati kawasan ini,di jalan raya dan pohon sekitar gunung. Monyet ini memang sengaja dilepas bebas di puncak gunung dan pinggir jalan. Bagi pengunjung yang berminat memberikan makan pada monyet ini,di sarankan untuk membawa kacang atau makanan ringan lain.

Pemandangan indah di gili trawangan


Begitu sampai di Pelabuhan Bangsal,Anda akan melihat pemandangan indah laut lepas dengan lanskap tiga pulau dalam jangkauan pandangan mata. Di sekitar pelabuhan ini,sebaiknya Anda menitipkan kendaraan(jika membawa kendaraan pribadi) sebelum menyeberang menuju Gili Trawangan.

Untuk menyeberang dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan,Anda dapat menggunakan kapal penumpang umum dengan waktu tempuh kira-kira 45 menit dengan tarif Rp30.000,00. Kalau tak mau bercampur dengan penumpang lain,Anda dan keluarga dapat menyewa kapal dengan tarif Rp.350.000,00 per satu kali perjalanan.

Terdapat 20 spot untuk diving pada ketiga gili di sana dan nikmati 350 spesies di dalam laut,termasuk penyu bersisik. Tersedia dalam beberapa paket layanan yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan budget liburan Anda,dimulai dari harga Rp.350.000,00- Rp.600.000,00 snorkeling/diving. Kalau sewa peralatan snorkeling saja,cukup mengeluarkan Rp.35.000,00-Rp.60.000,00. Suasana pesta begitu kental di pulau ini,Anda dapat nongkrong di berbagai resto/kafe yang menyajikan musik hidup. Pulau yang sangat cocok bagi kaum muda.

Namun tak perlu khawatir,ada gili lain yang menawarkan nuansa dan suasana yang berbeda dengan Trawangan. Gili Air merupakan gili yang terdekat dari pulau utama-Lombok-sehingga cukup banyak ditinggali penduduk. Lebih cocok untuk berwisata bersama keluarga karena suasana pulau yang tidak terlalu ramai,tetapi tidak terlalu sepi sehingga membuat suasana lebih hangat.

Gili Meno cocok untuk yang senang menyepi dalam kesendirian.Berada di antara Gili Trawangan dan Gili Air,pulau ini menawarkan pantai sunyi yang dipenuhi hamparan pohon bakau di bibir-bibir pantainya.

Pastinya, ketiga gili tersebut  dapat dicapai melalui Pelabuhan Bangsal. Namun,jika Anda memilih Trawangan sebagai base Anda,silakan naik perahu publik untuk mencapai dua gili lainnya. Cukup membayar Rp.30.000,00 per orang. Selamat datang di gili,pulau tanpa polusi nan eksotik!

Pantai Tedis dan Pasar Malam Kampung Solor

Memiliki pemandangan yang indah,terutama saat matahari perlahan mulai turun untuk tenggelam,sebuah lokasi yang mengasyikkan untuk menangkap momen kamera,dengan hasil foto lanskap. Pantai ini memiliki jenis pasir klasik,yaitu berpasir putih sehingga menambah indah pemandangan. Terdapat sejumlah tiang seperti bangunan yang belum jadi,hanya pilar yang terpasang,membuat pantai ini beda ketika diambil fotonya. Sangat unik! Saat mentari terbenam,cepat siapkan kamera dan jepret! Keindahan warna-warna jingga di antara pilar membuat foto kenangan Anda semakin sempurna.

Karena berada di tengah Kota Kupang (Jalan Garuda-Kampung Solor),sangat mudah mencapai Pantai Tedis. Tak heran,saat sore tiba,banyak pengunjung yang datang,terutama keluarga,dari yang muda hingga yang tua,bersantai di pantai ini. Banyak pedagang makanan yang menjajakan aneka makanan,mulai dari jagung bakar hingga nasi goreng.



Kala sang surya tenggelam,senyum mengembang di wajah,lelah pun terhapus ketika menatap keindahan panorama sore yang tenteram dan temaram di Pantai Tedis,dan makanan laut siap untuk menjadi makan malam Anda.

Pasar malam "Kampo (baca: Kampung,logat Kupang) Solor" merupakan salah satu pusat jajanan malam di Kupang. Berada di pusat kota,tidak jaut dari Pantai Tedis,Kampung Solor merupakan permukiman kaum Muslim di Nuda Tenggara Timur ini. Berdasarkan dat statistik,kaum Muslim di daerah NTT hanya 9 persen dari jumlah penduduk. Jadi,tidak perlu khawatir untuk mencicipi makanan di sini.

pasar malam kampo solor

Gerobak penjual makanan berjajar hampir di sepanjang Jalan Garuda. Mulai buka pada pukul 17.00-23.00 waktu setempat,saat akhir pekan,tempat ini terasa sangat meriah. Ketika jenuh makan di rumah,beberapa keluarga penduduk sekitar mendatangi lokasi ini. Makanannya pun bervariasi,tidak hanya sajian makanan laut. Tersedia nasi goreng,pecel lele,empek-empek,soto lamongan, dan berbagai jajan pasar. Harganya pun masih bersahabat, Rp.40.000,00 per kg ikan/udang/cumi. Makanan lain ditawarkan dengan harga Rp.10.000,00- Rp.20.000,00 per porsi. Jangan heran jika ada makanan khas Pulau Jawa karena mayoritas penjualnya memang orang Jawa. Tergoda dengan makanan laut ketika di Timur sana? Datang kemari bersama keluarga,tutup hari Anda dengan hal-hal yang menyenangkan!

Hutan Wisata Camplong

Hutan Wisata Camplong - Ketika manusia tidak lagi mampu membaca cuaca melalui benda langit,seperti binatang,matahari,dan bulan perhatikan gerakan binatang. Mereka adalah makhluk paling peka. Rasanya memang kita harus mulai memperhatikan gejolak alam yang kini semakin sering bergetar. Kuncinya,dengan menjaga dan melestarikan ciptaan-Nya,yaitu tumbuhan dan hewan.

hutan wisata camplong


Hutan Wisata Camplong merupakan salah satu tempat tinggal satwa yang dilindungi. Terdapat penangkaran buaya,rusa timor dan ular sanca. Hewan endemik yang bisa dijumpai adalah rusa timor,burung kakaktua berbahu hijau kekuningan dan merpati berpunggung hitam. Flora endemiknya,kayu cendana (Santakun album). Yang menarik lagi,terdapat pemandian alam yang sangat istimewa dan gua buatan yang merupakan peninggalan Jepang dari masa Perang Dunia II.Berlokasi sekitar 7 km dari Gunung Fatuleu,Soe,Kupang. Dari Kupang,berjarak tempuh 46 km dan butuh waktu sekitar 1,5 jam.

Sekeliling pintu masuk didominasi oleh pedagang jagung bakar dan warung makanan. Pengunjung ramai datang pada Jumat-Minggu. Pada hari biasa,banyak warga sekitar mengambil air bersih dari sumber mata air untuk kebutuhan sehari-hari. Rasanya begitu menyenangkan melihat suasana seperti itu. Simbiosis mutualisme yang ada benar-benar menguntungkan semua pihak. Pohon masih tegar berdiri dengan rindang,air jernih yang dingin bisa dinikmati oleh manusia dan satwa yang memiliki tempat tinggal merupakan habitat mereka. Penasaran membawa keluarga ke tempat ini? Gembungkan kocek Anda dan terbanglah ke Kupang untuk sekedar menikmati indahnya tempat wisata Hutan Wisata Camplong.

4 Jenis Wisata Alam Pilihan

Wisata alam akan sangat diperlukan bagi Anda yang sehari hari berkutat dalam kepenatan kerja dan terkurasnya pikiran akan setiap masalah hidup yang datang. Dengan, pikiran wisata alam Anda yang penat bisa tersegarkan kembali dan selama melakukannya segala masalah dalam hidup Anda akan terlupakan seketika, sehingga saat selesai, pikiran Anda menjadi segar dan terbuka kembali, Anda pun siap untuk melanjutkan hidup dan menyelesaikan setiap masalah tersebut.

Wisata alam Faforit


Ada beberapa pilihan jenis wisata Alam yang menjadi favorit orang orang, khususnya masyarakat Indonesia. Apa sajakah itu, mari kita bahas 4 jenis wisata alam pilihan :

1. Laut dan Pantai
Ini adalah keindahan yang tiada bandingannya. Dengan melihat air laut yang begitu luas dan terbentang, ditambah kejernihannya membuat pikiran Anda fresh. Bermain ombak dan pasir pun menjadi kesukaan para remaja dan anak anak. Sehingga jika Anda menikmati keindahan alam yang ada di laut, anak anak Anda pun merasakan kebahagiaan yang sama dengan aktifitas yang dilakukannya. Pasir putih, berjalan tanpa alas kaki di atasnya, tersapu aliran ombak yang datang membuat kita merasakan perasaan khusus yang tiada bandingannya. 

wisata alam

Pokoknya, laut, airnya, pasir putihnya, nyiur, olahraga air dan lain lain yang bisa Anda nikmati sebagai wisata alam ini cukup oke dijadikan pilihan..

Contoh : Pantai Senggigi, Lombok; Pantai Santolo, Garut; Pantai Pangandaran; dan lain lain.

2. Air Terjun
Air yang jatuh dari ketinggian yang lumayan, membuat suara gemuruh yang menenangkan. Walaupun bising, suara gemuruh itu tetap saja membuat pikiran Anda tenang. Apalagi jika Anda mendekati kolam yang ada dibawahnya, beberapa kolam air terjun memungkinkan kita untuk berenang dan merasakan cipratan air yang jatuh menerpa wajah Anda, sangat menyejukkan.

Lingkungan sekitar air terjun pada umumnya masih berupa pegunungan dan asri, sehingga selain keindahan air terjunnya sendiri, Anda pun bisa menikmati keindahan alamnya.

Contoh : Air Terjun Sendanggile, Lombok; Air Terjun Cinulang, Bandung; dan lain lain.

3. Pegunungan
Bagi yang suka trekking ataupun hiking, maka pegunungan bisa dijadikan pilihan. Wisata alam ini akan menyediakan pemandangan indah disertai kesejukan udara yang Anda hirup. Suara alam yang masih hening dan asri membuat pikiran Anda tersegarkan.

Wisata alam pegunungan ini pada umumnya menyediakan sarana bermain seperti flying fox dan para layang. Anda bisa membuat adrenalin Anda terpacu saat merasakan luncuran di ketinggian ketika mencoba flying fox, atau saat terbang di ketinggian beberapa puluh kilometer di atas tanah ketika mencoba para layang.

Salah satu contoh wisata alam pegunungan yang menyediakan permainan tersebut adalah kawasan Puncak, Bogor. Anda boleh coba, kalau Anda ingin..
4. Kawah
Ini lain lagi, walaupun tidak memberikan efek kesegaran, tetapi dengan melihat aktifitas kawah yang mengepulkan asap serta pemandangan lainnya cukup membuat Anda memuji keagungan penciptaan Tuhan.

Salah satu contoh wisata alam kawah ini antara lain : Kawah Kamojang, Garut dan Gunung Tangkuban Perahu, Bandung.


Demikianlah 4 jenis wisata alam pilihan yang bisa Anda coba.

Semoga bermanfaat

Tips berburu paket wisata murah

Liburan yang lengkap, menjelajahi banyak tempat dan pengalaman adalah dambaan semua orang. Karena itulah banyak yang menawarkan paket wisata, khususnya agen perjalanan atau biro perjalanan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan atas banyaknya permintaan wisatawan yang menginginkan wisata yang lengkap.

Mengunjungi tempat wisata bukanlah hal yang bisa dilakukan setiap hari, maka dari itu kesempatan yang ada tidak boleh disia siakan. Dengan paket wisata, liburan Anda akan terkoordinir dan sesuai jadwal.

paket wisata


Harga yang diberikan pun biasanya akan lebih murah, hal ini karena paket wisata sudah menyiapkan segalanya secara corporate atau bekerjasama, misalnya antara pihak yang menyediakan akomodasi dan pihak yang mengelola transportasi.

Banyak pilihan paket wisata, tiap tempat pun pasti menawarkannya. Sebagai contoh, kita gunakan saja Paket Wisata pulau Lombok.


Ada berbagai pilihan paket wisata, seperti :


  1. Paket Wisata Harian
Bagi Anda yang belum tahu atau baru pertama kali berlibur di Lombok, pastinya tidak akan bisa menjelajahi Lombok hanya dalam satu hari. Tetapi berbeda jika Anda mengambil paket wisata harian ini, dengan pengalaman yang dimilikinya, agen perjalanan bisa mengantarkan Anda berkeliling Lombok dengan segala keindahannya hanya dalam satu hari.

Selain itu banyak pilihan paket wisata harian lainnya, seperti paket wisata bahari harian, dimana Anda bisa mengunjungi pulau dan pantai yang ada di Lombok hanya dalam satu hari.

Ada juga Paket Wisata harian Lombok Selatan, dimana Anda bisa mengunjungi semua tempat wisata yang berada di Lombok Selatan hanya dalam satu hari.

Dan banyak paket paket lainnya yang bisa Anda pilih.

  1. Paket Wisata Bulan Madu
Anda yang merencanakan bulan madu di Lombok, setidaknya harus mengetahui dimana tempat tempat romantis yang cocok digunakan untuk dinikmati berdua, selain itu hotel mana saja yang bisa menambah keromantisan dan keindahan bulan madu, Anda juga harus memikirkan dimana bisa melakukan makan malam romantis dengan pasangan Anda.

Agar Anda tidak dipusingkan dengan semua hal itu, maka membeli paket wisata bulan madu akan menjawab dan menyelesaikan segala persoalan. Anda hanya tinggal mempercayakan segalanya kepada agen perjalanan yang mengurus paket wisata Anda.

Paket wisata pastinya akan berbeda, tergantung dari harga yang Anda pilih. Yang mempengaruhi harga tersebut antara lain : lamanya liburan, tempat yang dikunjungi, sarana akomodasi yang dipergunakan dan lain sebagainya.


Cara simple mendapatkan harga paket wisata murah


Untuk mendapatkan harga paket wisata murah sebenarnya gampang saja, yaitu :

  • Berliburlah dimana semua orang tidak banyak berlibur, seperti pada work day hari sepi lainnya.
  • Selain itu, dengan membandingkan harga dari tiap layanan paket yang disediakan beberapa agen perjalanan.
  • Atau bisa juga dengan meminta informasi jika suatu waktu ada promo paket wisata yang ditawarkan.

Demikian beberapa tips berburu paket wisata murah.. Semoga bermanfaat 

Tempat Wisata Pantai Geger

Pantai Geger. Berdasarkan namanya,selintas terdengar seperti pantai yang heboh,gaduh dan bising. Kenyataannya,pantai geger ini terbilang sepi dan belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan mengingat terletak di daerah yang belum cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Terletak di Sawangan,sekitar 3 km dari selatan wilayah Nusa Dua. Pantai ini dekat dengan Uluwatu yang juga terkenal dengan pantainya!

Tempat ini mudah dicapai. Dari Denpasar,arahkan kendaraan menuju Nusa Dua. Dengan patokan menuju Hotel St. Regis,Anda akan menemukan papan petunjuk "Pantai Geger". Ikuti arah papan,lewati jembatan kecilnya dan tibalah Anda di Pantai Geger.Jika dari arah By Pass Ngurah Rai Jimbaran dan sudah di perempatan akhir (lampu merah),lurus ke BTDC. Ambil arah Tanjung Benoa,terus laju ke Hotel Nikko Bali. Hanya 10 menit dari jalur tersebut ke Pantai Geger jika naik kendaraan bermotor.

Masyarakat lokal sekitar membudidayakan rumput laut (seaweed). Kebun ini tidak memenuhi seluruh pantai,tetapi luasnya cukup untuk menimbulkan bau-bauan khas rumput laut.Oleh karena itu,Anda dapat melihat aktivitas para warga.

Banyak yang dapat Anda lakukan di sini,misalnya naik perahu kano,bermain voli di pantai dan berselancar di atas air. Sekadar berjemur dan pijat di atas kursi berpayung dibibir pantai pun bisa menjadi pilihan. Ajak saja putra-putri Anda yang cukup besar untuk banana boat. Seru, kan? Karena merupakan pantai sunrise,datanglah sebelum matahari terbit. Sebagian besar pengujung datang (mulai ramai)di atas pukul 13.00. Oleh karena itu,datang pukul 10.00 akan lebih asyik!


Pantai geger


Tersedia Beach Club,yang memang harganya lebih mahal. Namun,ada fasilitas untuk low budget,misalnya satu warung makan untuk turis dengan menu londo. Ada juga beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Warung beratap ilalang seakan menunjukkan bahwa kawasan ini masih sangat menyatu dengan alam. Pantai ini sangat cocok untuk berjemur,pijat atau sekadar melihat putra-putri Anda bermain istana pasir. Tersedia fasilitas antar-jemput,areal parkir yang cukup luas,dan tenaga pemandu. Kalau tidak mua ke kafe, monggo ke tempat parkir mobil. Ada jagung bakar dan bakso yang dijamin harganya lebih miring. Para tukang pijat dan penjaja barang di sini juga ada seperti layaknya wisata pantai di Bali lainnya. Yang membedakan,mereka tidak mengerumuni dan memaksa Anda untuk membeli barangnya. Oleh karena itu,Anda akan benar-benar merasa nyaman di Pantai Geger menikmati acara leha-leha di hari itu.

Desa Sukarara Tempat wisata dengan nuansa klasik

Songket merupakan jenis kain tenun tradisional Melayu di Indonesia,Malaysia,dan Brunei Darussalam. Termasuk dalam keluarga tenunan brokat,yang ditenun dengan bambu sebagai alat utama untuk mengaitkan benang,kata songket berasal dari bahasa Melayu,sungkit,yang berarti mengait atau mencungkil. Hal ini berkaitan dengan metode pembuatannya,yaitu mengaitkan dan mengambil sejumput kain tenun,kemudian menyelipkan benang emas dan perak. Sebagai kain tenun mewah,biasanya songket dipakai saat kenduri,perayaan atau pesta dan dikenakan dengan cara dililit pada tubuh seperti sarung,disampirkan di bahu atau sebagai destar atau tanjak,hiasan ikat kepala.

tempat wisata desa sukarara


Di Lombok,Desa Sukarara yang berada di Kecamatan Jonggat,Kabupaten Lombok Tengah, terkenal akan kerajinan songketnya dan sesanya yang unik. Sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai penenun atau pengrajin songket. Terletak 25 km dari Kota Mataram jika dengan kendaraan,desa ini banyak dikunjungi oleh para tamu nusantara dan mancanegara. Di sepanjang jalan desa,banyak toko yang menjual kain tenun dari desa setempat dan dari desa sekitarnya.

Para wanita dengan pakaian adat Sasak selalu siap mendemontrasikan keterampilan mereka. Hampir semua penenun adalah wanita dan melakukannya dengan cara tradisional,mulai dari mempersiapkan pembuatan benang hingga pembuatan zat warna. Pembuatan benang dilakukan dengan menggunakan pemberat yang diputar-putar dengan jari tangan. Pemberat tersebut berbentuk gasing,terbuat dari kayu atau terakota. Bahan membuat benang,antara lain kapas,kulit kayu,serat pisang,serat nanas dan daun palem. Pembuatan zat warna terdiri atas dua warna,yaitu biru dan merah. Warna biru didapat dari indigo dan mengkudu (Morinda citrifonela);merah didapat dari kesumba(sonokeling). Sangat alami,kan?

Ciri khas songket Pulau Lombok terdapat pada teknik menambah benang pakan. Hiasan dibuat dengan menyisipkan benang perak,emas atau benang warna di atas benang lungsi. Terkadang,ada yang dihiasi dengan manik-manik,kerang atau uang logam.

Bahan alami yang tidak melalui proses kimiawi dan pembuatan kain tenun yang sangat tradisional membuat hasil tenunan Desa Sukarara menjadi lebih mahal dibandingkan dengan tempat lain. Apa lagi jika memakai benang emas,yang mereka pesan khusus dari Pulau Sulawesi dan Jawa. Biarpun tidak membeli,Anda tetap dapat berkeliling kampung untuk melihat langsung proses pengerjaan yang dilakukan di hampir setiap rumah. Tertarik?

Tempat Wisata Sentra Kerajinan Banyumulek

Yang harus diingat ketika berkunjung ke sentra kerajinan yang memiliki barang pecah-belah,harap berhati-hati. Jika membawa anak-anak,ingatkan mereka dan beri tahu bahwa "Pecah berarti Mama harus membayarnya".Karena kali ini,perjalanan akan menuju sentra kerajinan gerabah Banyumulek di Lombok Barat.

tempat wisata kerajinan gerabah Banyumulek


Gerabah atau tembikar merupakan peninggalan budaya tradisional yang sudah dikenal sejak zaman bercocok tanam. Kawasan Banyumulek memang dikenal sebagai wilayah dengan kualitas tanah lempung nomor satu di Pulau Lombok. Tak heran jika 80 persen warganya menjadi pengrajin gerabah.

Aksesnya cukup mudah. Anda bisa menemukan Desa Banyumulek di 14 km bagian selatan Kota Mataram. Dapat dicapai menggunakan taksi atau kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Dengan keberadaan deretan art shop di sepanjang jalan depan rumah warga,Anda dapat melihat banyak tembikar cantik berjajar. Dengan tampilan dan pajangan yang menggoda pandangan mata,Anda dapat bebas memilih selao (gentong),dumang (anglo),kekete atau sigon (wajan),kemek (periuk), ceret,tong sampah,guci,dan masih banyak lagi.

Cara pembuatan tembikar di sini masih mempertahankan teknik pembakaran tradisional,yakni dengan jerami dan kayu bakar. Teknik pembakaran ini dikenal dengan nama tenunuq lendang atau pembakaran gerabah di tengah kebun. Untuk menambah apik,hiasan atau anyaman yang terbuat dari sejenis kayu rotan. Anyaman ini disebut ketak lombok.

Dari sekian jenis gerabah yang ditawarkan,ada satu model gerabah yang punya keunikan tersendiri dan tidak ditemui di sentra industri kerajinan gerabah lainnya. Sekilas,kendi maling sama dengan kendi lainnya. Namun,jika diamati lebih jeli,kendi ini memiliki perbedaan yang terdapat pada lubang di bagian bawahnya. Kalau kendi lain biasanya diisi air melalui lubang di bagian atas,kendi maling diisi air melalui lubang di bagian bawah. Uniknya,jika kendi ini diisi air,kemudian dibalik dalam posisi berdiri,air tersebut tak akan tumpah.

sentra kerajinan gerabah Banyumulek


Harganya pun bervariasi,bergantung pada model gerabah dan tingkat kesulitan membuatnya. Berkisar Rp.5.000,00-Rp.500.000,00. Kualitas gerabah Banyumulek mempunyai keunggulan tersendiri,kandungan pasir kuarsa yang cukup tinggi,koalin yang bagus dan kelengkapan sertifikat tidak beracun membuatnya aman sebagai tempat menyajikan makanan. Anda juga bisa mencoba membuat gerabah sendiri,dengan dipandu oleh pengrajinnya. Tidak ada tarif khusus,cukup tip sukarela.

Indahnya Tempat Wisata Pantai Lasiana

Ini dia lokasi wisata nomor satu di Kota Kupang dan membuat Anda sah berkunjung ke ibukota Nusa Tenggara Timur.Pantai Lasiana.Wisata pantai ini menjadi bukti bahwa daerah Timur Indonesia memang kaya jenis wisata air.

Luas pantai nan landai ini sekitar 3,5 hektar. Berudara sejuk,berpasir putih halus dan berlaut biru dengan air yang bersih. Ombaknya bergulung tidak terlalu besar sehingga aman untuk sekedar berenang atau hanya bermain di riak buih putihnya. Topografinya pun menunjang karena terdapat perpaduan antara laut dan bukit. Keberagaman suku,antara lain Flores,Sumbu,Timor dan Alor,membuat pantai ini memiliki keragaman budaya yang menarik. Oleh karena itu,Pemerintah Kota Kupang berencana untuk menjadikan Pantai Lasiana sebagai Taman Budaya Flobamora. Sejak 1986,pantai ini diberi penunjang fasilitas pariwisata yang cukup memenuhi syarat. Resmi dibuka untuk umum sejak tahun 1971 oleh Dinas Pariwisata.


Pantai Lasiana


Berjarak 12 km dari pusat kota,umumnya pengunjung datang menggunakan angkutan umum (Rp.5.000,00 per orang) atau dengan kendaraan pribadi. Terdapat satu kios percontohan,tiga kios komersial,dua kios cendera mata,empat toilet,satu kolam renang,satu panggung hiburan rakyat,dan tiga rumah singgah. Para pedagang di warung yang beratap daun lontar biasanya berjualan di Sabtu sore/Minggu.

Pada desember 1990-1991, ombak besar setinggi 5-6 meter menggulung pantai yang biasanya tenang. Hal yang jarang terjadi tersebut membuat ikon pantai ini tertimbun pasir,yaitu sebuah batu yang disebut Batu Nona. Batu karang ini menyerupai seorang perempuan dengan tinggi 15 meter,seperti seorang gadis yang sedang menanti sang kekasih yang tak kunjung datang. Demikian konon cerita tetua setempat. Yang tersisa hanya pantai yang panjang dengan pasir lembutnya,tak tampak lagi gadis yang setia menanti di bibir pantai itu.

Berjalan di siang hari yang panas di Timur Indonesia seakan tidak akan terasa karena memiliki "pelindung",yaitu 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar tua yang hingga kini masih produktif. Angin bertiup semilir melalui sela-sela pohon; deretan warung siap menampang lapar dan dahaga ketika selesai bermain. Walaupun tak ada lagi pemandangan Si Batu Nona,tetapi ada ratusan pohon yang akan menyejukkan hari Anda. Dan bayangkan,Kota Kupang yang cenderung terik dan berhawa panas,ternyata memiliki objek wisata air yang bervariasi. Seru,ya!!

Wisata Indah Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu merupakan salah satu andalan pariwisata alam Kota  Kupang yang wajib dikunjungi. Tidak seperti air terjun lain yang ada di Indonesia,Yang biasanya tidak memiliki undak-undakan dan langsung mengucur dari ketinggian gunung,Air Terjun Oenesu memiliki empat undakan air terjun. Di sela-sela air terjun,terdapat kubangan air alam berupa kolam alami. Anda bisa berenang serta naik ke atas batu dan melompat dari ketinggian. Byuuurrr!! Di sekitar air terjun,terdapat hutan yang masih menyimpan berbagai satwa liat. Suara binatang masih bisa terdengar dengan cukup jelas. Dengan luas area yang tidak mencapai satu hektar,tempat ini layak dimasukkan ke daftar piknik.


air terjun oenesu


Perjalanan ke sini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Berjarak 17 km dari Kota Kupang dengan kondisi jalan aspal yang tidak selalu mulus dan berkelok-kelok,memang butuh ekstra hati-hati,tetapi tetap menyenangkan bagi Anda dan keluarga. Beberapa kilometer mendekati lokasi,jalanan sedikit rusak. Namun,jangan khawatir,tempat ini bisa dijangkau hingga ke dekat lokasi.

Debit airnya selalu melimpah walaupun di musim kemarau panjang. Sebagai catatan,Kupang memiliki cuaca panas yang berlebih dan kurang air. Nah, semakin unik pastinya karena Air Terjun Oenesu ini berlimpah air di daera yang cenderung kering.

Tempat Wisata Gua Monyet Alak

Yuri Gagarin,seorang astronot asal Rusia memang merupakan manusia yang pertama kali menjejakkan kaki di luar bumi. Namun,sebelumnya,saat peluncuran Air Force Aeromedical Laboratory di White Sands,Albert (Juni 1948-Agustus 1950) merupakan primata pertama yang diluncurkan pada 11 Juni 1948,tetapi gagal! Sang monyet bahkan sudah tidak bernyawa sebelum berhasil mencapai ruang angkasa. Walaupun gagal,percobaan kedua dilakukan kembali dengan jenis hewan yang sama pada 14 Juni 1949. Albert II berhasil menjadi monyet pertama di ruang angkasa ketika mencapai ketinggian 83 mil!
Gua Monyet Alak


Di Indonesia Timur,tepatnya di Nusa Tenggara Timur-Kupang,terdapat objek wisata alam konservasi,yang merupakan tempat tinggal para primata berbuntut panjang (Macaca mulatta).Gua Monyet Alak mulai dikelola dengan baik oleh pemuda setempat sejak tahun 1998 dan ditinggali 327 monyet yang terbagi dalam empat kelompok,yang terbanyak berjumlah 180 ekor dan jumlah terkecil 40 ekor. 


Monyet memang hidup secara berkelompok,tidak berbeda jauh dengan manusia.Saling berkejaran,bergelantungan melompat dari dahan ke dahan,saling bercengkerama dan berguling,berkelahi memperebutkan sesuatu,merupakan pemandangan yang unik dan lucu. Di manakah seharusnya mereka tinggal? Di luar bumi atau tetap pada habitatnya? Mungkin memang Taman Wisata Gua Monyet Alak jawabannya. Mereka akan lebih nyaman jika tinggal di sana,diberi perawatan yang layak,tanpa meninggalkan kelompoknya,tanpa jauh dari tempat seharusnya,di dalam hutan!