Blog Archive

Tempat wisata Etnik di Desa Sade

Desa Sade - Di Lombok Nusa Tenggara Barat,terdapat empat etnis,yaitu Sasak (Suku Lombok), Samawak (Suku Sumbawa bagian barat), Mbojo (Suku Bima dan Dompu-Sumbawa bagian timur), dan Bali (suku yang mewarnai ketiga suku sebelumnya). Jadi,suku asli Pulau Lombok adalah Sasak. Sebagian besar Suku Sasak beragama Islam. Uniknya,pada sebagian kecil masyarakat Suku Sasak,terdapat praktik Islam yang agak berbeda,yakni penganut Islam Wetu Telu. Ada juga sedikit warga Suku Sasak yang menganut kepercayaan pra-Islam yang disebut dengan nama Sasak Boda.

tempat wisata desa sade suku sasak


Yang pasti,Suku Sasak memiliki lingkungan sendiri. Populasi mereka di Lomboj terbilang pesat,yaitu tiga juta jiwa. Masih terdapat tiga desa primitif yang masih bertahan dari dunia luar dan kemajuan teknologi. Oleh karena itu,desa tersebut dipelihara dan dipertahankan oleh pemerintah setempat. Desa Sade yang paling konvernsional dibandingkan kedua desa lainna,sekaligus merupakan pemukiman untuk area pariwisata. Terletak di Desa Rembutan,Kecamatan Pujut,Kabupaten Lombok Tengah,perjalanan dari Mataram ditempuh dalam waktu dua jam. Jika ingin naik angkutan umum,pilih angkutan dengan jurusan Mataram-Kuta.

Perkampungan ini berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Mataram dengan kawasan di selatan Lombok (termasuk Kuta). Tidak lengkap rasanya jika tidak singgah sejenak. Memasuki Desa Sade,pengunjung dibawa ke suasana desa tradisional dengan rumah sederhana beratap rumbia khas Sasak. Dihuni oleh 150 kepala keluarga dan 400 jiwa yang masih mempunyai hubungan darah,Suku Sasak menerapkan adat pernikahan antarsepupu.

Rumah asli terdiri atas dua ruangan. Ruangan pertama terletak di bagian dalam untuk anggota keluarga wanita,merangkap sebagai dapur. Ruang lainnya di bagian luar,untuk anggota keluarga lainnya. Uniknya,lantai rumah dibersihkan dengan kotoran kerbau agar mengilat,licin dan terlindungi dari serangga. Mau mencoba untuk membantu mereka membersihkan lantainya? Ketika berkunjung ke Desa Sade,kehidupan yang dijalani di kota besar,berbanding terbalik dengan kehidupan suku primitif di Pulau Lombok bagian tengah.

MENIKMATI INDAHNYA SUNRISE DI PANTAI SANUR BALI

Ada banyak tempat wisata menarik di Bali, dari sekian banyak tempat wisata desa Sanurlah yang berada di bagian timur kota Denpasar yang menjadi magnet wisata terfavorit. Dari airport Ngurah Rai Tuban, kira – kira  berjarak tempuh sekitar 10 Kilometer, jika ditempuh dengan mengendarai mobil akan memakan waktu sekitar 30 menit. 

tempat wisata sanur bali


Pantai Sanur Bali adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Lokasi Tempat ini letaknya persis di sebelah timur kota Denpasar, yang menjadi ibukota Bali, tepatnya Sanur berada di kabupaten Badung. Hal yang utama dari Pantai Sanur adalah lokasi untuk berselancar (surfing). apalagi ombak pantai Sanur sudah termasyhur di antara para wisatawan mancanegara. Masih di sekitar Pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Karena kondisinya pantainya yang ramah lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian. Tidak hanya nyaman untuk snorkeling atau surfing namun, Pantai Sanur Bali juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta.
Salah satu pantai yang terkenal di daerah ini, yaitu bernama pantai matahari terbit,kenapa  pantai ini dinamakan matahari terbit, semua itu dikarena pantai ini selalu menawarkan pemandangan indah dari terbitnya matahari disetiap paginya. Selalu disetiap pagi hari sekitar jam 05:30, anda akan melihat banyak wisatawan yang menanti terbitnya matahari. Karena pantai sanur bali memiliki berjuta pesona keindahan menyambut matahari terbit.
Pasir di pantai sanur berwarna putih dan air laut cenderung dangkal. Selain itu, mungkin anda akan banyak melihat perahu traditional milik para nelayan yang berjajar di pinggir pantai dan perahu-perahu tersebut memiliki warna yang menarik untuk di lihat. Selain untuk melihat sunrise, pantai sanur juga sering di gunakan oleh para fotografer profesional untuk mengambil foto pre wedding, dengan background sunrise dan perahu traditional nelayan yang bewarna-warni.

PESONA ALAM PANTAI BARON

Pantai Baron yang terletak di desa kemadang, tepatnya dikawasan gunung kidul jogjakarta, yang berjarak kurang 65 km dari pusat kota jogja. Pantai Baron, adalah pantai paling populer di kawasan Gunung kidul. Karena pantai ini adalah pantai pertama yang akan ditemui jika mengunjungi gugusan kecup mesra laut dan daratan, yang merupakan simbol keelokan wisata pantai Gunung kidul, dengan Jajaran Pantai Baron, dan Pantai Kukup, lalu disambung oleh Pantai Sepanjang, dan Pantai Krakal dan diakhiri oleh Pantai Sundak yang berderet di sana, yang dapat memanjakan pengunjung akan keriuhan ombak pembawa kedamaian kalbu. Pantai yang menjadi saksi pertemuan antara air laut dan air tawar yang merupakan hasil dari sungai yang bermuara di satu sudut pantai Baron jogjakarta, sebagai lambang berpadunya dua hati meski dengan perbedaan latar belakang.

tempat wisata  pantai baron jogjakarta


Para wisatawan tentunya akan dimanjakan dengan keelokan desiran angin sepoi – sepoi yang mengantarkan ombak tuk bercumbu dengan hamparan pasir, yang begitu sabar menunggu datangnya sang kekasih.
Hasil kekayaan Baron seperti udang besar (lobster), ikan bawal putih, kakap, dan tongkol yang pastinya menggugah selara dan memancing adrenalin kuliner, siap memanjakan pengunjung, baik yang masih segar ataupun yang siap saji. Andalan menu Sebagai Rekomendasi pesona alam di pantai Baron ini adalah Sop Kakap.
Ada satu momen yang teramat sangat sayang dilewatkan ketika anda berada dipulau Baron adalah Upacara Sedekah Laut yang diselenggarakan oleh masyarakat nelayan setempat setiap bulan suro dalam kalender jawa, sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan hasil laut yang telah diberikan.

Tempat Wisata Taman Burung Bali lebih akrab dikenal Bird Park


Taman Burung Bali atau lebih dikenal dengan Bird Park Bali memiliki berbagai koleksi jenis burung dengan penataan luar ruang yang ciamik. Terdapat lebih dari 1.000  burung dari 250 spesies yang berbeda yang dapat hidup dengan kondisi alam tropis. Diambil dari seluruh Indonesia,Afrika,dan Amerika Selatan, tempat wisata ini dibuka pertama kali pada Oktober 1995,di areal sekitar dua hektar. Pengelola berusaha menciptakan lingkungan buatan yang mirip dengan hutan hujan. 

bird park bali
Dengan konsep botanical garden sebagai dasar pembangunan,tempat ini termasuk kategori lembaga konservasi yang bersifat eks-situ,yaitu ekosistem buatan yang dipilih dan dibangun untuk tujuan konservasi hewan di luar habitat aslinya. Tak mengherankan jika pengunjung yang datang akan merasa seperti sedang berada dalam hutan,tetapi tentu saja tidak menyeramkan. Bahkan,berbagai jenis tumbuhan tropis didatangkan dari daerah luar Bali. Ada juga koleksi tanaman yang didatangkan dari negara lain,seperti Australia,Afrika,dan Amerika Selatan. Salah satu koleksi tanaman yang cukup terkenal adalah tanaman blue bismarcj palm,yang ditanam di sebuah kolam buatan yang ada di salah satu bagian taman burung bali atau Bird Park Bali ini.

Sekilas,kehidupan burung di sana tanpa sangkar. Padahal,sangkarnya dibuat sesuai kebutuhan para hewan bersayap itu. Terdapat 60 sangkar besar dengan dua kandang burung besar (aviary). The Irian Jaya Aviary mempunyai panjang 24 meter dan tinggi 13 meter. Berisi 100 ekor burung dari 30 jenis,termasuk burung dara jenis victoria crowned yang merupakan jenis burung dara terbesar di dunia. The Rainforest Aviary mempunyai panjang 62 meter dan tinggi 25 meter,merupakan rumah bagi 100 burung unik dan langka dari Indonesia. Sebuah jembatan gantung yang tinggi juga disediakan untuk menyaksikan burung yang bertengger di dahan pepohonan.



taman burung bali


Ketika tiba dan masuk ke lokasi ini, Anda dapat melihat berbagi kakak tua jenis hawaii ataupun nuri yang memiliki warna yang indah. Setelah cukup lelah mengelilingi taman,Anda dan keluarga dapat bersantai sembari menyantap makanan di sebuah restoran di dalam taman burung ini. Di sela-sela menikmati makanan,aksi burung menyapa dengan aneka bahasa. Burung cerdik ini juga akan beterbangan di sekitar meja tamu. Para tamu dapat berfoto dengan burung jinak ini tanpa khawatir akan dipatok. Apabila datang pada jam makan pagi,Anda dapat menikmati sarapan pagi bersama burung dalam atraksi yang disebut Breakfast with the Birds. Yang dinanti oleh para pengunjung biasanya adalah Free Flight Bird Show,sajian atraksi burung elang yang beterbangan dengan panduan para pelatih. Burung elang ini akan memamerkan kemahiran melayang di udara,menyambar makanan,hingga kemampuan berhitung. Sebuah wahana wisata hewan bersayap yang menarik,kan?

Dilengkapi dengan restoran,Kafe Rainforest,area lukisan telur,ruang photoshop,dan galeri cendera mata,kunjungan Anda bersama keluarga akan lebih lengkap. Di galeri cendera mata,Anda dapat membeli berbagai suvenir yang berkaitan dengan burung serta beragam jenis kerajinan tangan khas Bali sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh. Dengan harga tiket masuk (belum termasuk pajak 10 %) Rp80.000,00 per orang dewasa dan Rp35.000,00 per anak (di bawah dua tahun gratis),Anda dapat dengan bebas menikmati keelokan warna dan kicauan merdu burung dari jarak dekat. Arahkan saja kendaraan Anda ke Jalan Serma Cok Ngurah Gambir,Singapadu,Batubulan. Anda dapat menikmati indahnya kicauan para burung.

NIKMATNYA WISATA KULINER DI PULAU LOMBOK

Pulau Lombok adalah salah satu pulau yang terkenal dengan wisata kulinernya. Untuk menikmati masakan khas pulau ini, Anda tidak perlu merogoh kocek yang fantastis, seperti masakan ala restaurant berbintang, cukup hanya beberapa rupiah saja anda sudah dapat menikmati masakan khas pulau Lombok.

wisata kuliner pulau lombok

Pulau Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang sangat terkenal dengan keeksotisan lautnya, namun juga menyimpan berjuta cita rasa khas masakannya, dan tentunya tidak bisa ditemukan kota metropolitan seperti Jakarta. Karena saat wisata kuliner di pulau Lombok kita tidak hanya merasakan cita rasa yang khas masakannya saja namun plus plus dengan keeksotisan pantainya,,,, 

Wisata kuliner pulau Lombok yang terkenal

 
Yuk tengok beberapa tempat di pulau Lombok yang sudah terkenal akan citarasa masakannya. Pertama di daerah Sesaot / Suranadi, daerah ini sangat di kenal melalui airnya yang begitu bening dan dingin sekali. Di sini banyak hotel lengkap dengan kolam renang air hangat dan lapangan tennis, pura Hindu tertua, berlokasi 17 km jika naik kendaraan dari kota Mataram.Disini Anda bisa menikmati makanan yang namanya Bulayak + Sate ayam atau sapi yang terkenal dengan sebutan sate bulayak. Makanan yang bernama sate bulayak tersebut dibuat dari beras serta di bungkus dengan janur (daun kelapa). Setelah Anda puas dengan masakan khas daerah Sesaot atau Suranadi Lombok, dan Anda ingin membeli oleh – oleh khas Lombok, yuk pilih beberapa souvenir seperti Mutiara, Telur Asin, Madu Lombok, dll, yang menjadi cirri khas wisata pulau Lombok. Untuk menikmati makan malam, sangat pas sekali bila anda meluncur ke rumah makan yang ada menu ayam taliwangnya. Menu special yang ada di rumah makan Taliwang adalah Ayam Taliwang bersama bumbu pedasnya serta pelecing kangkung ala Pulau Lombok, tentunya anda pasti akan dimanjakan oleh masakan khas ala Lombok tersebut.
Wisata kuliner di Lombok tidak sempurna jika melewatkan Ayam Taliwang. Menu makanan Ayam Taliwang merupakan salah satu pusaka andalan kuliner Nusantara kita yang banyak penggemarnya. Rasa pedas yang menyengat dari bumbu ayamnya memang menjadi ciri khas dari masakan khas pulau Lombok ini. Sungguh beruntung bila anda mendapat kesempatan untuk mencicipi ayam taliwang langsung dari asalnya, tanah Lombok. Di kota Mataram anda dapat dengan mudah menemukan rumah makan yang menyediakan menu ini.

Liburan Menyenangkan di Kota Wisata Cibubur

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, maka tidak ada salahnya mencoba berlibur ke kota wisata, salah satunya kota wisata cibubur. Tempat ini menawarkan banyak pilihan liburan, tempat dan wahana yang mempunyai perbedaan masing masing, seperti fantasy island, kampong cina, kampong amerika aneka kampong lainnya.

kota wisata cibubur


Selain berekreasi, Anda pun bisa belajar tentang kultur atau kebudayaan dari tiap kampong yang ada disana. Disini pun terdapat berbagai souvenir menarik yang bisa Anda jadikan kenang kenangan dan oleh oleh.

Jika Anda merencanakan liburan ke kota wisata Cibubur, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini, agar liburan yang Anda lakukan menyenangkan dan berjalan lancar.

  1. Rombongan ke Kota Wisata
Pada umumnya tiap area wisata memberikan potongan harga atau diskon kepada pengunjung yang datang secara rombongan. Begitu juga Kota Wisata Cibubur, ada penawaran khusus untuk rombongan.

Untuk pemesanan tiket rombongan, Anda bisa menghubungi bagian Commercial dan Tennancy di nomor telepon (021) 8493 4848.

Selain mendapatkan harga yang lebih murah, berlibur secara rombongan akan mendapatkan kesan liburan yang ramai, menyenangkan dan banyak teman.

  1. Siapkan Bekal Uang yang Banyak
Selain tujuan dan niat untuk berlibur, sebaiknya Anda menyiapkan bekal uang yang banyak, soalnya di tempat wisata menawarkan berbagai macam barang dan makanan yang harus Anda coba.

Jadi, daripada cuman melihat lihat saja, ingin membeli, tapi tidak punya duitnya, mendingan mempersiapkannya sebelum keberangkatan.

Shopping di tempat wisata memberikan pengalaman berbeda daripada belanja di tempat umumnya, ada sebuah kebanggaan tersendiri dari barang yang dibeli, mengingatkan bahwa kita pernah punya pengalaman menarik di tempat membeli barangnya.

  1. Berhati hatilah dengan Barang Bawaan Anda
Kota wisata, apalagi yang selalu ramai pengunjung kadang mengundang orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan, seperti mencopet.

Mereka melihat kelengahan kita, misalkan pada saat berdesak desakan memasuki kawasan wisata ataupun di tempat ramai lainnya, yang terkadang membuat kita lengah.

Di Kampong Cina misalkan, area yang berada di lingkup kota wisata cibubur ini pada saat liburan, pintu masuknya begitu ramai, orang berdesakan dan berhimpitan. Maka dari itu, jika pada situasi seperti ini, simpan barang bawaan Anda di depan tubuh Anda, agar terpantau dan terlihat langsung oleh Anda.

Liburan pun akan jadi tidak menyenangkan kalau Anda harus kehilangan dompet.. 

  1. Bertanyalah Jika Tidak Tahu Arah
Kota Wisata Cibubur memiliki area yang sangat luas, dengan berbagai sarana rekreasi yang berbeda, maka dari itu orang yang tidak tahu jalan terkadang tersesat dan salah arah. Daripada lama di jalan, lebih baik jika Anda bertanya kepada petugas setempat.

Saat Anda berada di dalam kawasan pun, lebih baik Anda mengetahui letak posisi dari tiap fasilitas yang disediakan, seperti WC Umum, sarana ibadah dan fasilitas lainnya, agar jika sesekali Anda ingin buang air, Anda tidak harus keliling kesana kemari hanya untuk mencari WC Umum, bisa bisa waktu liburan Anda habis untuk mencari WC.. hehe . .

***

Demikian beberapa tips agar liburan Anda di Kota Wisata Cibubur menyenangkan dan sesuai harapan.

Semoga bermanfaat

Tempat Wisata Sanur dan Nusa Dua

Tempat Wisata Pantai Sanur


Wisata Pantai Sanur yang berada di sebelah timur Bali terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah. Di sepanjang pantai,berjajar pondokan yang dilengkapi kursi untuk menunggu matahari terbit. Di sepanjang garis pantai melewati Pantai Shindu,Pantai Karang,hingga Semawang telah dibangun jogging track yang bisa digunakan untuk berolahraga di pagi hari sambil menikmati pemandangan. Ombaknya relatif lebih tenang sehingga putra-putri Anda dapat lebih nyaman berenang sambil menikmati jagung bakar dan lumpia yang dijajakan oleh pedagang kaki lima.

tempat wisata pantai sanur bali


Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Museum Le Mayeur yang juga berada di Pantai Sanur. Le Mayeur adalah seorang pelukis asal Belgia yang pindah ke Bali karena keinginannya untuk menjadi seorang pelukis tidak direstui orangtua,ia menikah dengan seorang perempuan asal Bali yang bernama Ni Pollok,yang selama bertahun-tahun menjadi model lukisannya. Selain melukis model,Le Mayeur  melukis keindahan alam dan ekspresi budaya yang tidak semuanya merupakan gambaran budaya dan alam Bali,tetapi juga dari berbagai tempat yang pernah dikunjunginya. Pasangan yang tidak dikaruniai anak itu kini telah tiada. Berdasarkan surat warisannya,rumah yang sekaligus Galeri Lukisan Le Mayeur itu kini diserahkan kepada pemerintah Bali untuk dijadikan museum.

Waktu kunjungan yang berlaku adalah Sabtu-Kamis,pukul 08.00-15.00 dan Jumat,pukul 08.00-12.30. Untuk hari libur nasional,museum ini tutup. Dikenakan tiket masuk Rp1.000,00 per orang untuk anak-anak dan Rp2.000,00 per orang untuk dewasa.

Wisata Air Nusa Dua


Wisata Air Nusa Dua
merupakan kawasan yang berada di Kabupaten Badung dan merupakan tempat pariwisata yang eksklusif. Banyak terdapat hotel berbintang dengan harga yang cukup mahal. Kawasan yang berdekatan dengan Nusa Dua adalah Tanjung Benoa,pusat wisata air terlengkap di Bali yang memiliki permainan,misalnya jet ski,parasailing,banana boat,scuba diving dan snorkeling. 

wisata bali nusa dua

Anda juga dapat menaiki perahu motor dengan kaca di bagian lantainya untuk mengamati bawah air (glassbottom boat) menuju Pulau Penyu,sebuah tempat penangkaran penyu. Terdapat gugusan terumbu karang yang memiliki karakteristik pantai yang datar dan landai sehingga cocok untuk wisata snorkeling.

Lokasi Wisata Makanan Tinutuan

Jika anda type orang yang suka jalan-jalan, pasti tahu bagian terenak saat jalan-jalan? Makan! Istilah populernya,kuliner. Iya... apalagi kalau bukan mencicipi jenis makanan setempat yang membawa sensasi berbeda walaupun mungkin di jakarta tersedia jenis yang sama. Pertama,hapus dulu dipikiran Anda bahwa orang Manado hanya doyan makan. Tidak!! Mereka sangat gemar makan dan makanannya juga enak dan ngangenin! Salah satu yang khas dari Povinsi Sulawesi Utara ini adalah bubur manado.



Bubur manado adalah bubur beras dengan aneka bumbu dan sayuran,misalnya kangkung,kacang panjang,daun kemangi,ubi merah,jagung pipih,dan daun khas Manado,yaitu daun gedi. Dimakan dengan ikan tongkol atau ikan asin dan sambal bakasang atau dabu-dabu. Selain enak disantap,bubur ini mengandung asupan gizi yang cukup karena bahan pelengkap yang bermacam-macam. Di daerah asalnya,Tinutuan-Manado,bubur ini disajikan dengan perkedel nike,sambal roa (rica roa,dabu-dabu roa),ikan cakalang fufu atau tuna asap,dan perkedel jagung. Bisa juga disajikan dengan campuran mi dan sup kacang merah yang disebut brenebon ini ditambahkan tetelan sapi. Pada komunitas kristen di Manado,tinutuan yang dicampur dengan brenebon ini dapat juga disajikan khusus,yaitu tambahan kaki babi. Biasanya disajikan pada acara khusus,misalnya acara tumpah makan,yaitu hari pengucapan syukur.

Ada satu lokasi khusus yang menjual jenis makanan khas Manado,yaitu Jalan Wakeke. Di jalan masuk,tampak plang melengkung bertuliskan "Lokasi Wisata Kawasan Makanan Tinutuan Wakeke Manado". Sangat mudah terbaca. Menilik etimologi kata tinutuan (seharusnya ditulis Tini'tu'an) dalam bahasa Tountemboan,KD tu'tu' berarti beras dimasak atau ditumbuk halus hingga hancur. Jadi,tinutuan (tinu'tu'an) adalah beras yang ditumbuk halus atau telah dimasak hingga halus. Nah,di sepanjang jalan,berjajar warung makan. Tersedia bubur lengkap dengan berbagai lauk pilihan. Anda bebas memilih warung yang asyik untuk sarapan Anda di
Wisata Kawasan Makanan Tinutuan Wakeke Manado ini.

Tempat Wisata Pantai Senggigi

Sebelum Gili Trawangan terkenal,yang paling diincar untuk dikunjungi di Pulau Lombok adalah Pantai Senggigi. Berada di sebelah barat laut Kota Mataram,Kabupaten Lombok Barat,Povinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),letaknya yang strategi-tidak seberapa jauh dari Kota Mataram dan hanya memakan waktu sekitar 15 menit-membuat pantai ini menjadi target utama para wisatawan.Keistimewaannya? Pantai ini sangat eksotis,berpasir cokelat,tetapi bersih,serta berkontur landai sehingga pas untuk sekadar bermain di tepiannya. Menghadap Selat Lombok yang berbatasan dengan Pulau Bali,Pantai Senggigi memang mengingatkan pada Pantai Kuta di masa lalu. Senggigi memiliki garis pantai yang sangat panjang,pesisir pantainya masih asri. Masih ada sampah dedaunan yang berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah. Anda bisa melakukan snorkeling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ke tengah sehingga ombak besarnya pecah di tengah.

Sempatkan untuk mengamati Pura Batu Bolong. Saat berjalan menyusuri tepi pantai kira-kira setengah jam,Anda akan menemukan sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di pinggir pantai. Menurut legenda setempat,di tempat ini dahulu sering di kurbankan seorang perawan sebagai sajian makanan untuk hiu yang tinggal di pantai. Legenda lain menyatakan,pura ini merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut karena patah hati.

Tempat Wisata Pantai Senggigi


Fasilitas berbagai hotel bintang tiga hingga bintan lima siap melayani dan menampung kedatangan Anda. Tak ketinggalan,terdapat klub,restoran,kafe yang diminati kaum muda untuk menghabiskan malam hingga pagi menjelang. Dengan lampu temaram,udara dan suasana on vacation dapat menjadi alternatif aktivitas. Terlebih pada malam Minggu,para pemuda-pemudi Kota Mataram menjadikan pantai ini sebagai tempat hiburan,sekadar makan malam,menikmati sajian musik hidup di tempat hiburan yang tersedia,setelah mengagumi tenggelamnya sang mentari. Semua suasana yang dibangun membuat Pantai Senggigi memiliki nuansa romantisme yang begitu memikat.

Tempat wisata kuliner yogyakarta

Mangan ora mangan,sing penting jajan! itulah slogan sebagian orang-orang jawa.

Makan adalah kebutuhan pokok manusia. Setiap hari,Anda makan untuk hidup. Ketika Anda sedang berwisata,makan bukan kewajiban,tetapi kesenangan. Menjelajah berbagai daerah wisata tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut,serasa nasi tanpa garam. Terlebih lagi,saat ini jenis wisata kuliner sedang naik daun. Kuliner sudah menjadi bagian gaya hidup.

wisata kuliner jogja

Tempat wisata kuliner di kota gudeg yogyakarta

Berikut ini beberapa tempat jajan kuliner yang wajib disambangi ketika Anda dan keluarga berada di Yogyakarta. Dan memang, Yogyakarta tidak hanya memiliki gudeg. Intip jenis lainnya yang tak kalah menggoyang lidah!!!

House of Raminten


Para pelayan resto ini merupakan kumpulan anak lulusan SLB. Oleh karena itu,jika pesanan makanan terlambat datang,harap dimaklumi dan jangan dimarahi. Menunya juga sangat bervariasi. Cobalah wedang beras kencur dan rasakan "taste" yang berbeda dengan wedang beras kencur di resto yang lain. Penampilan sajian nasi liwet,nasi kucing dan nasi goreng juga berbeda. Ada paket untuk single dan dobel,artinya porsi nasi banyak atau sedikit saja. Warung ini memang tak kenal henti sehingga memudahkan para pengunjung untuk memilih jam makan. Jika ingin antre, ya di persilahkan duduk di ruang tunggu. Jika tidak ingin antre, Anda harus benar-benar cermat memilih jam makan. Sebaiknya pukul 11.00 atau 15.00. Catat alamatnya : Jalan FM Noto No.7.

Lotek Teteg

Nama warung ini memang aneh,tetapi makanan yang dijual sangat enak. Khusus menyajikan gado-gado dan lotek,diberi nama lotek teteg karena lokasinya yang berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Lempuyangan (bagian timur) atau di Jalan Baciro. Sepintas,tampilan lotek di sini hampir sama dengan sebagian besar lotek yang dijual di Yogyakarta. Bedanya,rasa lotek di sini sangat pas di lidah. Cobek untuk meracik bumbu kacang dan sayur-sayuran isi lotek berukuran superjumbo! Jika ukuran cobek yang lazim digunakan berdiameter 30-40 cm, di sini 80 cm!!!

Warung lotek yang berdiri sejak tahun 1970 ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Harga satu porsi hanya Rp.9.00,00. Lumayan untuk makan siang. Sambil makan lotek,dengarkan lagu pengamen tetap yang tak hilir-mudik seperti di tempat lainnya (bisa request lagu lagi!)

Soto Pak Marto


Terletak di Jalan S. Parman,dari arah pojok Beteng Kulon ke utara, lalu perempatan lampu merah belok kiri. Nah, warung ini terletak tepat di kanan jalan,sebelum jembatan. Cita rasa soto ini memiliki kekhasan sendiri,kaldu sapi pada kuah sangat terasa,bumbunya pun sangat meresap. Silakan tambahkan makanan pendamping,misalnya iso bacem goreng,perkedel kentang dan mendoan.Oh... jangan lupa tambahkan kecap ala warung ini karena rasanya sangat berbeda dan enak. Uniknya,kemasan kecap seperti botol obat batuk hitam dan memang tidak dijual di manapun karena home made.

SGPC Bu Wiryo 1959

SGPC adalah singkatan dari Sego Pecel (nasi pecel). Walaupun sudah banyak rumah makan yang menjual nasi pecel di Yogyakarta, SGPC Bu Wiryo tidak pernah sepi dari pelanggan. Buka dari pukul 06.00 sampai 21.30. Sejak tahun 1994,rumah makan sederhana ini beralamatkan di Kompleks UGM, Jalan Agro CT VIII Klebengan dengan telepon 0274-512288. Patokan, di depan fakultas Kedokteran Hewan UGM. Menu andalan,nasi pecel dan nasi sup daging sapi,dengan resep yang sudah teruji selama puluhan tahun.

Melahap sego pecel alias nasi pecel memang tidak pernah ada bosannya. Padahal,racikan makanan tradisional ini sederhana,hanya ada bayam,tauge,dan kacang panjang yang disajikan mlekoh plus siraman bumbu kacang. Tambahkan kerupuk kanji putih,walah ... semakin menggugah selera makan siang Anda.

Warung Bu Wiryo sangat bernuansa tempo dulu. Maklum,warung ini sudah melayani para pelanggannya sejak tahun 1959. Ukuran ruangan cukup luas,deretan meja dan kursi memanjang,sangat nyaman diduduki hingga suapan terakhir. Saat harus membayar, Anda langsung ke kasir dan menyebutkan apa saja yang dimakan. Harga pecel Rp.7.000,00 per porsi dan sup daging sapi Rp.9.000,00 per porsi.

Angkringan Lek Min

Masakan andalan yang merupakan daya tarik utama adalah teh poci dan sayur berongkos. Akan tetapi,warung ini tetap menyediakan menu standar angkringan lainnya. Penyajiannya ala swalayan sehingga Anda sendiri yang menentukan porsinya.

Terletak di Jalan Prapanca,Perumahan Gumuk Indah,Desa Ngestiharjo,Kecamatan Kasihan-Bantul,tidak ada angkutan umum yang melintasinya. Namun,dari Terminal Umbulharjo,Anda bisa menumpangi bus Yogyakarta-Wates,turun di perempatan lampu merah Bugisan,Lanjutkan dengan berjalan kaki keselatan,sekitar 500 m.

Gudeg

Ini dia primadona makanan dari Daerah Istimewa Yogyakarta,yaitu gudeg. Hampir dapat dipastikan jika di setiap sudut kota,banyak penjaja makanan yang menyajikan jenis makanan ini. Makanan khas Yogyakarta ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Biasanya,warna cokelat didapat dari daun jati yang di masak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental,ayam kampung,telur,tahu dan sambal goreng krecek.

Maari longok sekilas sejarah masakan manis ini. Di sebuah sudut Kota Yogyakarta,pada zaman penjajahan Inggris,tinggal seorang warga negara Inggris yang memiliki istri seorang perempuan jawa. Sang suami tersebut memanggil istrinya dengan sebutan dek.panggilan yang lazim pada tradisi Jawa. Pada suatu hari,saat sang suami sedang pergi bekerja,sang istri bingung hendak memasak apa untuk si suami. Ia teringat dengan resep keluarga turun-temurun,yang menggunakan nangka muda. Tak lama kemudian,sang suami tiba di rumah. Dengan rasa lapar yang sudah berkecamuk,sang suami langsung menuju ke meja makan dan makan dengan lahap.Kemudian,ia berkata cukup lantang dengan ekspresi senang,"Goog,Dek! It's good,Dek." Sang istri terkejut bercampur gembira sehingga ia menceritakannya ke tetangga resep turun-temurunnya kalau sang suami senang sekali dimasakkan resep turun-temurun tersebut. Setiap kali selesai memakan masakan nangka berwarna cokelat tersebut,sang suami kerap berkata,"Good,Dek." Dari situlah makanan tersebut mulai disebut GUDEG, sebagai metamorfosis kata "good dek". Kisah yang cukup menggelitik,bukan? Benar atau tidaknya, yang dapat dipastikan,bahwa memang gudeg ini rasanya sangat enak!

Beberapa warung gudeg jogja yang layak didatangi:


1. Gudeg Yu Dium bertempat di Jalan Wijilan.Berada satu deret dengan warung gudeg yang lain,misalnya Gudeg Campur Sari,Gudeg Bu Slamet,dan Gudeg Bu Lies.

2. Gudeg Bu Ahmad Mbarek di kawasan Mbarek sebelah utara Kampus UGM. Terdapat beberapa ruma makan nasi gudeg,antara lain Gudeg Hj.Ahmad dan Gudeg Yu Djum.

Cokelat Monggo

"Life was like a box of chocolates.You never know what you're gonna get."-Forest Gump(1994).Pepatah yang dapat berlaku pada kehidupan dan berlaku untuk perkembangan cokelat. Penganan ang notabene berasal dari Negeri Wong Londo,tepatnya untuk rumah cokelat(toko),pertama kali dibuka di London pada tahun 1657. Di Yogyakarta,telah hadir sebuah produk berikut toko khusus untuk jenis makanan ini,tepatnya pada tahun 2001. Produk dengan cita rasa tradisional ini memakai biji coklat asli Nusantara: Sumatra dan Kalimantan.

Selain membeli langsung di pabrik ini,Anda dapat melihat proses fragmentasi dan packaging melalui kaca putih yang membatasi. Varian rasa yang cukup banyak penggemarnya adalah hazelnut dan karamel. Dark chocolate layak dijadikan rekomendasi! Kunjungi Jalan Dalem KG III/978, Kelurahan Purbayan,Kotagede.

Taman Mini Indonesia Indah ternyata Tamannya tidak Mini

Mengenal keragamanan budaya 36 provinsi di Indonesia tentu saja tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Apalagi jika harus mengunjungi provinsi tersebut satu per satu. Wah, tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Namun di Jakarta, tepatnya di Taman Mini Indonesia Indah,hal ini menjadi mungkin dilakukan. Bukan itu saja,sambil mengenal budaya semua provinsi di Indonesia, TMII juga dapat menjadi tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan dan juga hemat!

Tempat Wisata Taman Mini Indonesia Indah


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dibuka tahun 1975 ini memiliki anjungan daerah yang memamerkan miniatur rumah adat selurh provinsi di Indonesia. Di areal seluas 150 hektar ini, Anda bisa menyaksikan berbagai ragam rumah adat yang memiliki arsitektur berbeda dari setiap provinsi di Indonesia. Jika Anda memasuki rumah adat tersebut,terdapat beragam peralatan rumah tangga yang khas dan boneka pajangan dengan pakaian adatnya.
Castle taman mini indonesia indahDalam perkembangannya,Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bukan hanya dapat dinikmati sebagai sarana mempelajari adat budaya. Berbagai sumber informasi dapat Anda dapatkan,misalnya mengenai perkembangan teknologi,keanekaragaman flora dan fauna,serta sejarah tentang berbagai hal di Indonesia. Anda dapat mengunjungi Museum Listrik dan Teknologi Baru yang menggambarkan perkembangan teknologi listrik di negara kita atau Museum Transportasi yang dilengkapi bukan hanya foto,tetapi juga bidang pesawat dan rangkaian kereta api yang bisa dimasuki oleh pengunjung. 
Meskipun namanya museum,lupakan bentuk bangunan museum yang biasanya terkesan tua dan membosankan. Bangunan dan bentuk museum ini sangat bervariasi dan menarik sehingga siapa pun yang melihatnya pasti tertarik ingin mengunjunginya. Lihat Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra (Gawitra)! Terpajang peralatan pertambangan lepas pantai di halaman depannya,lengkap dengan kolam berukuran besar yang menggambarkan lautan. Bagian luar memamerkan berbagai peralatan pertambangan minyak dan gas bumi sesuai ukuran aslinya,sedangkan bagian dalam memamerkan sejarah pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesai,yang sudah dimulai sejak zaman penjajahan Hindia Belanda. Bahkan,di sebuah lorong menuju Anjungan kegiatan Hulu,dipamerkan koleksi prangko yang diterbitkan dalam dunia perminyakan di Indonesia. Diputarkan film yang berhubungan dengan perminyakan yang mudah dimengerti oleh putra-putri Anda,misalnya "Asal Mula Minyak Bumi", "Aku Juga Berasal dari Minyak", dan film dokumentasi kegiatan perminyakan di Indonesia.

Arsitektur Museum Olahraga juga unik, berbentuk bola kaki raksasa. Pada lantai dasar,terdapat moto olahraga,antara lain sportivitas dan perjuangan. Anda dapat menyaksikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mengikuti kegiatan olahraga di dunia internasional,para pejuang olahraga yang mengharumkan nama bangsa di bidang keolahragaan,serta sejarah olahraga. Ada juga sejarah berdirinya stadion pertama Indonesia dan pelaksanaan PON I pada tahun 1948 di Solo. Di lantai 2,dipamerkan berbagai alat olahraga dan perwasitan;dokumentasi peristiwa olahraga nasional,misalnya PON I sampai IX;dan alat permainan tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia. Di lantai 3,ditampilkan diorama berbagai permainan tradisional dari berb agai provinsi dalam bentuk lukisan dan patung dengan ukuran sebenarnya,antara lain lompat batu dari Pulau Nias,pasola dari Nusa Tenggara Timur,karapan sapi dari Madura, dan dayung berdiri dari Papua. Terdapat fasilitas lain yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum,antara lain auditorium,ruang serba guna,ruang fitness,lapangan tenis dan kantin. Bahkan,setiap Minggu pagi,pengunjung dapat mengikuti senam aerobik bersama dalam program Minggu Ria di halaman museum.

Museum lain yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi adalah Museum Penerbangan, Bangunannya berbentuk bintang besudut lima yang melambangkan Pancasila dan Lima unsur penerbangan. Di halaman depan,terdapat tugu yang menyangga lambang penerbangan "Api Nan Tak Kunjung Padam", dikelilingi oleh lima patung juru penerang serta air mancur. Pertemuan air dari atas tugu dengan air yang memancar dari bawah melambangkan hubungan timbal-balik antara pemerintah,masyarakat dan media massa. Bangunan terdiri atas tiga lantai berbentuk silinder,yang mencitrakan kentungan sebagai unsur penerbangan tradisional.menyangga menara antena sebagai unsur modern. Terdapat koleksi benda yang mempunyai nilai sejarah informasi dan komunikasi,mulai dari film, radio,televisi,media tatap muka,termasuk wayang suluh, hingga perkembangan media pers dan grafika. Dipajang juga 17 patung setengah badan tokoh informasi dan komunikasi serta tujuh diorama yang menggambarkan kegiatan penerangan dalam membangkitkan nasionalisme,menyatukan bangsa, dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Di lantai 3,dapat disaksikan studio mini PFN, studio mini RRI,dan studio mini TVRI.

Miniatur keragaman flora dan fauna di Indonesia dapat disaksikan di beberapa taman,misalnya Taman Anggrek,Taman Ikan Air Tawar,dan Taman Burung. Taman Mini Indonesia Indah bahkan memiliki teater IMAX Keong Mas yang memutar film tentang keberagaman budaya nusantara,lingkungan,sampai film box office yang sudah diubah resolusinya agar bisa diputar di sini. 

Setelah mempelajari keanekaragaman hal tentang Indonesia,pastikan untuk menikmati aneka permainan yang ada,misalnya kereta gantung,perahu angsa atau kolam renang SnowBay.

Tentu saja hampir tidak mungkin mengunjungi semua atraksi yang ditawarkan Taman Mini Indonesia Indah dalam waktu sehari. Jika bermaksud mengelilingi semua areal TMII yang luas itu,cobalah menaiki kereta api mini atau sky lift yang melintasi hampir semua area di TMII. Uniknya,jika menaiki sky lift,Anda akan melihat miniatur pulau di Indonesia di atas sebuah danau.

Bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan sendiri,disediakan persewaan sepeda yang dapat dipakai untuk mengelilingi area TMII. Nah, tunggu apalagi!segera kunjungi Taman Mini Indonesia Indah,tak hanya dapat dipakai untuk mengenal budaya Indonesia lebih dekat,juga nyaman untuk berekreasi bersama keluarga. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi telepon 021-8409214,8409210,8409270,8409236 dan 8409239.

Waterboom Kuta, Tempat Wisata yang tak pernah sepi

Wahana taman air Waterboom Kuta mungkin belum masuk ke-10 wahana air terbesar di dunia. Namun Wahana Waterboom Kuta ini adalah wahana air, yang namanya main air dengan baraneka macam peluncuran akan selalu menyenangkan! Meluncur dari ketinggian dan berbasah-basahan merupakan inti permainan wahana air yang memberikan sensasi tersendiri karena dapat menaikkan adrenalin dan membutuhkan keberanian lebih.


waterboom 
Dibangun dan mulai beroperasi sejak 7 Desember 1993,di atas tanah 3,8 hektar,Waterboom Kuta tidak pernah sepi pengunjung. Berbagai atraksi dan fasilitas peluncuran tidak berbeda jauh dengan yang ada di mancanegara. Ada Smash Down, Macaroni Tube, Boogie Ride, Jungle Ride, Superbowl, Boomerang, Climax, Race Track dan Bombastic. Atraksi lain yang cukup menyenangkan sekaligus menenangkan adalah Lazy River dan Pleasure Pool. Wah,Anda dapat membeli berbagai minuman dan makanan dengan bar di tengah kolam. Sangat mengasyikkan!
wahana waterboomMau mencoba? Silakan datang ke Wahan Air Waterboom Kuta ini. Letaknya sangat strategis,di kawasan jantung wisata Kuta,tepatnya di Jalan Kartika Plaza. Sekitar 2,5 km dari Bandar Udara Ngurah Rai. Sistem yang diterapkan adalah cashless. Anda akan diberi gelang deposit uang yang dapat digunakan selama berkeliling sebagai nilai tukar. Sebelum memulai permainan,sebaiknya jangan lupa untuk memperhatikan semua peraturan demi keamanan dan kenyamanan Anda sendiri!

Studio Trans TV-Makassar

"We believed in our idea-a family park where parents and children could have fun-together"-Walt Disney. Keajaiban,di mata anak-anak,tidak hanya ada tujuh atau sebut angka lainnya. Keajaiban,di mata anak-anak,ribuan jumlahnya! Buktinya? Tak perlu jauh-jauh. Saat Anda mengajak putra-putri Anda bepergian,selalu saja ada ungkapan keheranan,kekaguman,dicampur dengan imajinasi yang akan dismpaikan kepada Anda. Atau yang paling sederhana,acara televisi kegemaran mereka,yang dapat membuat mereka begitu gandrung. Hingga mereka mengoleksi segala atribut dari tokoh film atau acara tersebut. Lalu,bagaimana jika dunia dalam layar kaca dihadirkan dalam kenyataan dan Anda membawa putra-putri Anda ke sana? Fun and happy! Cuma itu yang dibutuhkan mereka dan yang akan keluar pada wajah mereka. Eits! Tunggu dulu! Kesenangan dan kegembiraan,bukan hanya milik anak-anak! Anda-orang dewasa pun harus memiliki rasa itu.Dewasa hanyalah anak-anak yang tumbuh berkembang!

trans studio makassar indonesia


Beralamatkan di Jalan Metro Tanjung Bunga,Makassar. Theme Park Trans Studio World ini mengadopsi konsep Universal Studio di Amerika Serikat. Berisi ruang simulasi beberapa program stasiun televisi,Trans TV atau peristiwa di Indonesia. Konsep theme park di Trans Studio World memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Tsunami Island menghadirkan suasana mencekam saat terjadi tsunami dan gempa bumi. Magic Museum berisi benda hidup seperti film Night at The Museum,Dunia Lain,Arum Jeram,Magic Corner,Lost City,Terror Twister,dan Water Coaster.

Setiap pengunjung wajib menggunakan Studio Pass untuk masuk dan bertransaksi di dalam theme park. Harga Studio Pass adalah Rp. 10.000,00 per orang dan berlaku seumur hidup. Begitu masuk Theme Park Trans Studio,pengunjung akan dibawa ke Amerika abad ke-19. Lorong utama terdiri atas jalan dengan lebar empat meter. Jalan ini akan menjadi lorong utama mobilitas pengunjung. Mereka harus melalui jalan itu untuk keluar-masuk semua wahana. Pertunjukan jalanan akan digelar di jalan utama ini. Bentuk pertunjukan jalanan ini mirip Police Academy Stuntman Show yang biasa digelar di Disneyland. Disajikan secara live dengan penonton yang melihatnya di pinggir jalan. Asyik,kan?

tempat wisata trans studio makassar sulawesi

Studio ini merupakan tempat hiburan indoor terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Berlokasi di kawasan bisnis dan wisata terpadu Makassar. Dibangun di area Tanjung Bunga seluas 12,7 hektar dengan investasi mencapai satu triliun rupiah. Fasilitas yang tersedia: pusat perbelanjaan yang meliputi Trans Walk dan Trans Rodeo Drive,kemudian Trans Studio,Trans Hotel,Kafe dan arena rekreasi pantai. Semua dihadirkan dalam satu paket di lokasi wisata ini. Jadi,tidak perlu jauh-jauh mengajak putra-putri Anda ke alam khayalan Universal Studio ataupun Disneyland. Cukup datang ke Makassar atau taman sejenis yang hadir juga di Bandung. Kenapa tidak coba bersama untuk datang dan menikmati masa kanak-kanak Anda bersama putra-putri tersayang.